Selamat Datang di http://mamasecha.blogspot.com

14 November 2010

Lithium-ion battery

Lithium-ion battery


A-ion baterai lithium (Li-ion baterai atau LIB) adalah keluarga dari baterai isi ulang jenis yang lithium ion negatif bergerak dari elektroda ke elektroda positif selama debit, dan kembali ketika pengisian. Chemistry, performance, cost, and safety characteristics vary across LIB types. Kimia, kinerja, biaya, dan keselamatan karakteristik berbeda di jenis LIB. . Tidak seperti lithium baterai primer (yang disposable), lithium-ion sel menggunakan diselingi senyawa lithium sebagai bahan elektroda bukan lithium metalik.

Lithium-ion baterai yang umum di elektronik konsumen . Mereka adalah salah satu yang populer sebagian besar jenis baterai isi ulang untuk elektronik portabel , dengan salah satu yang terbaik -untuk-berat rasio energi , tidak ada efek memori , dan lambat kehilangan biaya bila tidak digunakan. Beyond elektronik konsumen, libs tumbuh di popularitas untuk militer, kendaraan listrik , dan kedirgantaraan aplikasi karena tinggi kepadatan energi . [6] Penelitian ini menghasilkan aliran LIB perbaikan teknologi tradisional, berfokus pada kepadatan energi, daya tahan, biaya, dan intrinsik keselamatan .

Kelebihan:


  1. Ringan. Elektroda baterai terbuat dari Lithium dan karbon. Lithium adalah elemen yang bisa menyimpan energi dalam ikatan atomnya.
  2. Bertenaga. Dalam 1 kg baterai Li-Ion dapat menyimpan 150 watt-jam. Sedangkan 1kg batterai NiMH (nickel-metal hydride) hanya mampu menyimpan 100 watt-jam
  3. Kuat. Baterai Li-Ion setiap bulannya akan kehilangan 5% isinya, sedangkan batterai NiMH akan kehilangan 20%
  4. Awet. Baterai ini mampu melakukan ratusan kali siklus isi dan kuras.
  5. Tidak perlu menunggu baterai benar-benar habis untuk mengisi ulang
  6. jika ada aliran listrik sebaiknya colokkan adaptor..jangan menunggu batere lobet..jika lobet bisa mengakibatkan fatal buat batere jenis ini.
Kekurangan:
  1. Baterai Li-Ion ini umumnya bisa bertahan 2 s/d 3 tahun sejak keluar dari pabriknya, baik digunakan ataupun tidak digunakan.
  2. Baterai ini tidak tahan suhu tinggi, sehingga dia akan cepat haus apabila sering digunakan pada suhu tinggi.
  3. Baterai ini akan tamat usianya apabila anda menggunakannya hingga kosong sama sekali jadi jangan menggunakannya hingga laptop ampe ngedrop.bisa fatal.....
  4. Harga lebih mahal, karena memiliki beberapa komponen onboard didalamnya.
  5. Ada kemungkinan, meskipun sangat kecil, baterai ini meledak & terbakar. Dari berbagai berita, hal ini hanya terjadi pada 2 dari 3 dalam 1 juta baterai. Namun saat ini baterai jenis ini sudah dilengkapi sensor suhu sehingga rangkaian kecil didalamnya akan memutuskan aliran listrik apabila suhu meningkat panas pada saat pengisian atau pemakaian dan berusaha mendinginkannya.
untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi link berikut
http://electronics.howstuffworks.com/lithium-ion-battery.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Lithium-ion_battery

sebenarnya ada untuk kalibrasi untuk batere lobet, berhubung aye belum mencobanya jadi kgk berani mosting, mungkin akan saya posting akan mendatang..... bagi temen2 yang sudah pernah mencoba kalibrasinya bagi2 ya........


Hal yang dilarang dalam penggunaan Battere Lithium (Li-Ion) :
Jika tidak digunakan, Battere Li-Ion sebaiknya disimpan dalam kondisi ruangan dingin karena temperatur panas akan memperpendek umur battere. Yang paling ideal jika disimpan didalam kulkas, tapi tidak boleh disimpan dalam freezer (pembekuan) karena akan mempengaruhi struktur kimia didalamnya. Semua ion akan membeku dalam suhu dibawah -40?..

Battere Li-Ion tidak boleh dikosongkan sampai 0%.
  1. Jangan memasang battere dalam keadaan terbalik, sehingga pin-contact kutub berbeda saling tertukar.
  2. Jangan menghubungkan pin kutub negatif dan positif dengan bahan kontak tertentu, seperti kabel atau pelat.
  3. Jangan membawa battere dalam satu tempat dengan bahan-bahan dari metal/logam..
  4. Jangan menjatuhkan, memukul, menusuk atau menghimpit battere dengan benda-benda tertentu.
  5. Jangan melakukan solder apapun pada battere.
  6. Jangan menaruh battere dalam air, air mengandung garam atau tempat lembab.
  7. Jangan membuka package battere, dan jangan sekali-kali memodifikasinya..
  8. Jangan meletakkan batere pada tempat yang panas, sumber api, atau tempat terbuka yang terik.


pengen lebih lengkap masuk disini aze

1 komentar: